Jumat, 12 Oktober 2012

Ingin gemuk dengan Sehat? Kenapa tidak..


Untuk penampilan, apalagi bagi mereka kaum hawa dan memungkinkan juga bagi kaum adam :) , mungkin bisa menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Kebanyak dari mereka berpikir bahwa berat badan yang ideal adalah hal yang sulit. Padahal, berbadan kurus juga berisiko mengalami gangguan kesehatan dan tentu saja bisa membuat kepercayaan diri berkurang. 
Dan, berbadan gemuk juga memliki manfaat yang banya lhoo.

ilustrasi, happy fat kids

Bagi mereka yang berbadan kurus, berat badan terlalu kurus bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi, kekurangan nutrisi, sistem kekebalan tubuh lebih lemah, berisiko osteoporosis, gangguan menstruasi, hingga komplikasi saat hamil.


Jadi, berbanggalah bagi anda yang mendapat berat badan 'berlebih'. Tapi, ada tapinya nih, berbadan lebih juga butuh perhatian khusus untuk mendapatkan manfaatnya.






Berikut adalah beberapa kiat untuk membuat badan lebih berisi secara sehat dan aman. 


-Tenangkan daya pikiran anda. 


Dikarenakan dengan berpikir tenang kita dapat mengontrol hormon dalam mensupresi enzim. Beberapa cara menenangkan diri kita dapat memainkan musik relaksasi, me-refresh-ing kan diri dengan pergi berwisata bersama keluarga atau teman, dan lain sebagainya.


- Buatlah jadwal olahraga

Dengan minimal 2x dalam seminggu. Hal ini juga berperan dalam mengencangkan tubuh anda.


- Buatlah jadwal pola makan



Tuliskan jenis makanan dan waktu Anda makan setiap hari selama beberapa minggu untuk mengetahui pola makan Anda dan mengidentifikasi kapan perlu menambah kalori. Mengontrol makanan yang masuk juga menjadi pengaruh dalam menyehatkan serta menggemukkan tubuh.

-Hindari Konsumsi Obat-obatan



Yang alami tetaplah pilihan terbaik. Bagi kita yang awam,kita tidak tau apa kandungan dalam obat tersebut.




- Fokus pada kualitas, bukan kuantitas



Meski Anda sedang berupaya untuk gemuk, keripik, soda, milkshake, atau cake bukan pilihan yang tepat untuk sering dikonsumsi. Lebih baik pilih makanan yang kaya nutrisi, seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran, serta protein tanpa lemak.



- Camilan padat




Pilihlah camilan yang padat kalori di sela waktu makan, seperti jus alpukat, kacang-kacangan, buah, atau minuman berkalori seperti makanan cair siap minum untuk mereka yang berdiet.



- Makan sebelum tidur




Perhatikan jenisnya, pilih sayuran atau roti isi dengan daging tanpa lemak.

Proses regenerasi dan penyembuhan terjadi saat kita tidur sehingga makan sebelum tidur akan memberi tubuh nutrisi yang diperlukan untuk bekerja. 


- Banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran hijau maupun buah-buah segar. Kalau bisa, jadikan cemilan anda sebagai cemilan sehat, seperti seledri, apel, wortel dan sebagainya. Jangan lupa untuk mencuci dengan air bersih sebelum memakannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar